Nada Eksotis dari Borneo – Indonesia Cultural Dining Series 35 at Hotel Tugu Malang

 

15 Oktober 2018
20.00-21.00 WIB
Tirta Gangga- Hotel Tugu Malang

Sejalan dengan misi untuk menghidupkan kembali kesenian dan romansa
Indonesia serta konsistensi dalam pelestarian ragam budaya Nusantara.
Di bulan Oktober ini Tugu mempersembahkan pertunjukan musik tradisional “Sapek “dari Pulau Kalimantan, bertajuk :

NADA EKSOTIS DARI BORNEO

Sapek adalah salah satu instrumen musik petik atau instrumen dawai yang berasal dari suku Dayak di Pulau Kalimantan atau Borneo. Berbeda dengan gitar yang memiliki 6 senar, Sapek yang asli hanya terdiri dari 3 senar.

Cara memainkannya juga berbeda. Jari-jari tangan hanya pada satu senar yang sama bergeser ke atas dan bawah mengikuti perasaan atau feeling saja. Irama dan bunyi yang dilantunkannya terdengar bening, lembut dan mengalir indah. Seolah membawa pendengar berada di awang-awang. Alat musik sapek ini biasa dimainkan ketika acara pesta rakyat atau gawai padai (ritual syukuran atas hasil panen padi).

Di Malang, Sapek berkembang subur dengan lahirnya para pemain yang kemudian diikuti dengan tumbuhnya pengrajin yang memproduksi instrumen dawai ini. Perkembangan ini tak lepas dari pengaruh Festival Dawai Nusantara yang rutin dilaksanakan setiap tahun sejak 2015.

Dengan formasi tujuh pemain, yaitu Azis, Annisa, Alfian, Boni, Lopez, Niko, dan Yono.Mereka membentuk group Ensemble M21 Sapek.

Alunan nada eksotis sapek terus bergema. Perkembangan zaman telah mengadopsinya menjadi inspirasi bagi pemusik modern.

Pertunjukan yang elegan ini akan diadakan di Tirtagangga Hotel Tugu Malang. Ruang perjamuan yang sangat elegan dan eksotis ini terinspirasi oleh sejarah dari India, Arab, Cina dan Mongolia Silk and Spice Roads. Ruangan yang indah dihiasi dengan mawar merah, lampu gantung, dan menghadap ke area taman yang indah dikelilingi oleh suara air deras di atas kolam kecil yang mencerminkan ketenangan eksotis seperti sebuah istana di India.

Free admission, a la carte dinner

More info and Reservation please contact
+62341 363891 or +628113634443
malang@tuguhotels.com