Duduk Ditemani Semilir Angin di Rooftop Kebon Sirih (By CNN Indonesia)

(sourced from: CNN Indonesia)

Jakarta, CNN Indonesia — Bukan cuma memiliki menu yang enak dan murah, saat ini tempat kongko seperti restoran, kafe, dan bar juga dituntut untuk menawarkan suasana yang aman dengan protokol pencegahan virus corona.

Pembatasan kegiatan masyarakat di DKI Jakarta memang sudah turun level, namun bukan berarti kita bisa kembali ke kerumunan seperti sediakala.

Kalau mencari tempat kongko yang menu makanan dan minumannya enak serta berharga terjangkau, serta area duduknya nyaman sehingga tak perlu berdesak-desakan, mungkin Kawisari Cafe & Eatery bisa menjadi pilihannya.

Kawisari Cafe & Eatery berlokasi di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jika melaju dari Jalan Sabang menuju Tugu Tani, maka ia tepat berada di belokan sebelah kanan.

Restoran, kafe dan bar ini milik grup Tugu Hotels, yang juga mengoperasikan jaringan Hotel Tugu dan restoran Lara Djonggrang, Dapur Babah, dan Tugu Kuntskring Paleis.

Properti-properti yang dikelola mereka memang sudah terkenal dengan sajian khas Indonesia yang kental, mulai dari interior sampai menu restorannya. Dan Kawisari Cafe & Eatery mungkin bisa jadi pelipur lara mencicipi “sepiring” Indonesia selagi kegiatan wisata ke luar kota masih terkendala pandemi.

Masuk ke bangunannya, mata langsung disambut dengan arsitektur rumah tua yang dimodifikasi dengan sentuhan etnik nan eklektik. Dari lantai dasar, langsung tercium wangi biji kopi yang mungkin sedang diracik untuk dihidangkan.

Kawisari Cafe & Eatery menggunakan biji kopi yang ditanam di kebun sendiri yang berada di Blitar, Jawa Timur.

Di kampung halaman Presiden Soekarno itu, wisatawan yang menginap di Hotel Tugu Blitar juga bisa memesan paket bermalam sekaligus wisata di kebun kopinya.

Selain kopi, restoran ini juga memproduksi sendiri cokelat dan madunya.

Menu kopi yang ditawarkan beragam, mulai dari Americano, Kopi Tubruk, Kawisari Luwak, sampai Alcohol Infused Coffee dari whiskey, vodka, bahkan wine.

Kisaran harga kopinya mulai dari Rp28 ribu untuk Kopi Tubruk dan Rp100 ribu untuk Kawisari Luwak.

Jika kesengsem dengan kopi atau produk kebunnya, silakan melihat-lihat dan membeli produk dalam kemasannya yang dipajang di dekat tangga menuju ke lantai dua.

Suasana di Kawi Sari Coffee and Eatery, Jakarta. (CNNIndonesia/Ardita Mustafa)

Beranjak ke lantai dua, areanya lebih luas lagi. Rasanya kalau datang untuk sarapan atau brunch tak perlu sampai memesan tempat, karena ada banyak kursi yang bisa diduduki.

Bagi yang ingin membaca buku atau bekerja dengan laptop, silakan cari kursi-kursi yang berada di sudut, terutama yang dekat dengan balkon besarnya. Angin yang bertiup semilir pastinya membuat kegiatan kerja di luar kantor menjadi lebih menyenangkan.

Bukan hanya ruangannya yang rumahan, menu makanan dan minuman di restoran ini juga komplit. Kalau sudah ngopi, sarapan, lalu ingin makan siang – bahkan makan malam, semua bisa dipesan di sini.

Menu nasi, sayur, dan sambal khas Indonesia sudah pasti mengenyangkan perut. Pilihannya mulai dari Ayam Goereng Goela Merah, Bebek Goreng Lengkuas, Sayur Lodeh Campur, Soto Ayam, Tahu Petis dan masih banyak lagi.

Kategori sambal juga lumayan beragam, mulai dari Sambal Ulek Dadakan sampai Sambal Bajak bisa sekaligus dipesan.

Menu makanan Indonesia ini berkisar antara harga Rp10 ribu sampai Rp120 ribu.

Suasana di Kawi Sari Coffee and Eatery, Jakarta. (CNNIndonesia/Ardita Mustafa)

Lanjut kongko sampai malam? Masih ada menu makanan dan minuman yang bisa jadi pilihan. Camilan asin dan manis siap menemani, ditambah dengan varian teh, jus buah, es, bir, mocktails, sampai wine.

Kalau bosan duduk-duduk di lantai satu atau dua, pengunjung bisa juga menikmati udara sore menjelang malam di area rooftopnya.

Meja dan kursinya memang tak sebanyak di bagian dalam, tetapi cukup nyaman untuk kongko bersama teman atau kerabat sembari tetap menjaga protokol kesehatan karena berada di ruangan yang udaranya terbuka.

Area parkir di Kawisari Cafe & Eatery bisa dibilang cukup terbatas. Kalau ingin membawa kendaraan pribadi, bisa menggunakan fasilitas valet yang disediakan.

Tempat makan ini juga terbuka bagi yang ingin mengadakan acara makan-makan sederhana. Calon pelanggan bisa mengontak pengelola terlebih dahulu di 0878-8319-5051.

Setelah pandemi virus corona berlalu dan punya kesempatan wisata ke Bali, jangan lupa mampir ke cabang kedai kopinya, Kawisari Coffe, yang berada di Canggu, Bali.