Ragam Pastry Klasik Resep Otentik 1920-1935 di UND Corner (timesindonesia.co.id)

Artikel asli diterbitkan oleh TimesIndonesia.co.id. Baca DI SINI.

Penulis: Dhina Chahyanti

 

UND Corner salah satu resto yang ada di Hotel Tugu Malang. Keunikannya resto ini menyediakan aneka makanan khas Belanda.

Belanda memberi banyak pengaruh kuliner untuk Indonesia sebelum masa kemerdekaan. Tak heran hingga kini masih banyak hidangan asal Belanda yang ditemui di Indonesia terutama di Malang dan Semarang.

Kota Malang yang terkenal sehingga lama ditinggali oleh orang-orang Belanda merupakan salah satu kota yang kulinernya-pun banyak mendapat pengaruh termasuk varian dessertnya.

Banyak dessert khas Belanda yang muncul tahun 2020an kekota Malang. Tradisi Eropa yang kaya akan susu dan keju, UND Corner bakery dari Hotel Tugu Malang menyuguhkan beberapa dessert klasik dengan resep otentik negeri Belanda termasuk pastry dan bakery.

Dessert khas Belanda cenderung menggunakan isian vla rhum yang sangat lembut dengan aroma wangi vanilla dan juga coklat pilihan. Butter yang dikombinasi dengan margarin serta kuning telur dan gula, bercampur menjadi adonan cake maupun snack yg sangat khas.

Tanpa menggunakan bahan pengembang lainnya, membuat dessert 1920an ini terasa tidak membosankan.

UND Corner menyuguhkan beberapa varian pastry klasik diantaranya yaitu Rhum Horn, kue berbentuk contong asli Belanda kuno. Saat digigit, teksturnya yang crispy dengan isi krim vla manis nan lembut dengan campuran rhum menjadi lebih nikmat.

Selain itu ada juga puff pastry klasik Amandel yang sangat populer dengan isian kacang tanah gurih yang dicacah dan dicampur dengan beberapa campuran alami dan manisnya gula pasir, sehingga membuat rasa dari Amandel ini menjadi unik.

Varian lain dari pastry Belanda di UND Corner ini yaitu Tompouce. Merupakan puff pastry lezat berbentuk persegi panjang seperti sandwich dengan isian krim vanilla yang lumer di dalam mulut.

Ada juga pastry klasik Appleflappen, yang dibuat dari apel Rome Beauty Batu yang sangat khas dengan kulit puff pastry renyah resep belanda kuno yang tiada duanya.

Wangi dari keningar bercampur potongan apel dan gula karamel sangat menggugah selera sehingga cocok sebagai teman santai sore bersama keluarga apalagi dengan minum kopi Kawisari yang diambil dari perkebunan kopi sejak 1850 yang di Kelola Tugu Hotels group di daerah Wlingi Jawa Timur. Lokasinya terletak di ketinggian 1.000m di atas permukaan laut.

UND Corner tak hanya menyediakan varian pastry, tetapi juga ada macam varian cake seperti opera cake, lamington cake khas Australia, red velvet, rich choco muffins, prol tape, onbitjkoek, sausage brood, kippen brood, kroket, dan masih banyak lagi.