Sang Fajar Suite Hotel Tugu Sri Lestari Blitar Sajikan Sejarah Bung Karno (timesindonesia.co.id)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Sebuah almari jati kuno lengkap dengan deretan foto masa muda Sang Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Bung Karno terpampang jelas di sebelah kiri saat anda masuk Sang Fajar Suite Hotel Tugu Sri Lestari Blitar.

Di dalam almari tersimpan tanda tangan asli dari Bung Karno. Juga, terdapat sketsa lukisan-lukisan asli dari Pelukis Lee Man Fong, seorang pelukis istana yang ditugasi menyusun buku koleksi lukisan Bung Karno.

Sang Fajar Suite berada di gedung tengah Hotel Tugu Sri Lestari. Memiliki ukuran 80 M persegi, kamar tersebut dibagi menjadi dua ruang. Yaitu ruang tamu dan ruang tidur.

Kamar khusus ini juga dilengkapi dengan dua kamar mandi dengan perlengkapan modern di masing-masing ruangan.

“Di dalam Hotel Tugu Blitar ini, terdapat kamar khusus yaitu Sang Fajar Suite yang didesain khusus sebagai penghormatan kepada Presiden Pertama RI, Bung Karno,” ucap Suhartini, Operations Manager Hotel Tugu Sri Lestari Blitar kepada TIMES Indonesia, Minggu (5/12/2021).

Di atas almari jati tersebut, terpasang sebuah Garuda Pancasila yang terbuat dari ukiran kayu masa lalu. Tepat disebelah lemari jati juga ada sebuah etalase kaca yang berisi foto foto sang proklamator. Koleksi buku tentang Bung Karno juga tersimpan di etalase kaca tersebut.

Selain itu, di almari itu ada foto asli dari Megawati Soekarno Putri dan putranya, Muhammad Prananda Prabowo bersama Anhar Setjadibrata sedang berziarah di Pusara Bung Karno.

“Acara ziarah dalam foto ini sangat eksklusif karena hanya ada 3 orang di pusara tersebut dan sebagian dari bunga taburnya tersimpan bersama foto ini,” urai Suhartini sambil menunjukkan foto dan bunga tabur di dalam lemari.

Di sebelah barat dua almari, ada tempat penyimpanan makanan masyarakat Jawa masa lalu atau kerap disebut Jodang. Sementara tepat diatas Jodang menempel sebuah lukisan hitam putih besar 4 bidang.

Suhartini menjelaskan, lukisan itu menggambarkan ketika petani dari Priangan Jawa Barat mempersembahkan hasil kebunnya kepada Bung Karno yang waktu itu sedang berulang tahun.

“Kamar ini memiliki ruang tamu yang luas dan nyaman yang diisi dengan furnitur presiden jaman dulu di Indonesia, dimana barang-barang tersebut merupakan pemberian Bung Karno ketika masih belajar di Bandung kepada teman istimewanya,” jelasnya.

Sedangkan, di ruang tidur terdapat tempat tidur ukuran besar yang diukir tangan. Tempat tidur itu merupakan kombinasi ranjang kuno yang direnovasi untuk kenyamanan para tamu. Juga, terdapat lukisan besar karya Dezentje teman Bung Karno. Tepat di depan ranjang kuno, terdapat perangkat gamelan Sunda Priangan dimana sebagian dari gamelan pasangannya tersimpan di Anhar Museum di Malang.

“Dulu Ketika Bung Karno berlibur ke Blitar, sering mampir Hotel Tugu Blitar. Karena Hotel Tugu Blitar berdiri pada tahun 1850 dan menjadi satu satunya hotel waktu itu,” tambah Suhartini.

Saat ini, Suhartini mengutarakan, kamar Sang Fajar telah menjadi jujukan tamu-tamu penting yang berkunjung ke Blitar. Termasuk Presiden ke 6 RI Soesilo Bambang Yudhoyono dan Presiden ke 5 RI, Megawati Soekarno Putri.

Tidak hanya itu, dikatakannya, hampir seluruh putra putri Bung Karno termasuk Dewi Soekarno dan Kartika Sari Dewi juga berkunjung ke Sang Fajar Suite Hotel Tugu. “Sebagian besar koleksi seni yang terdapat di kamar ini adalah barang-barang pemberian Bung Karno kepada sahabatnya itu yang pada waktu itu mendampingi Bung Karno saat ke Blitar,” urai Suhartini, Operations Manager Hotel Tugu Sri Lestari Blitar.

 

Untuk membaca artikel asli dapat dibaca di:

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/385376/sang-fajar-suite-hotel-tugu-sri-lestari-blitar-sajikan-sejarah-bung-karno