Sensasi Tur Keliling Kebun Kopi di Malang, Diapit 2 Gunung Berapi Aktif (www.celebrities.id)

Artikel asli diterbitkan oleh Celebrities.id. Baca DI SINI.

Penulis: Avirista Midaada

 

 

MALANG, celebrities.id – Sebuah hotel berbintang di Malang mempunyai cara unik mengenalkan potensi daerah, di mana para tamu diajak melakukan tur keliling ke kebun kopi semasa panen raya, yang letaknya berada di antara dua gunung berapi aktif, yakni Gunung Kelud dan Kawi.

Pemilihan kebun kopi ini menjadi istimewa karena selain dimiliki lahannya oleh hotel sendiri, panen kopi ini hanya bisa didapat di bulan- bulan tertentu saja.

Para tamu yang menginap akan disediakan transportasi khusus dari pihak Hotel Tugu untuk menuju perkebunan kopi di kawasan Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar.

Kawasan perkebunan ini sendiri terletak di antara dua gunung yakni Gunung Kelud dan Kawi yang mengapitnya. Ketinggiannya pun mencapai 1.000 Mdpl dengan luasan perkebunan mencapai 900 hektare.

Di perkebunan ini menghasilkan kopi robusta dan arabika kualitas premium. Tak hanya kopi yang dibudidayakan secara organik, tetapi juga sayur organik, buah-buahan tropis, rempah-rempah, hingga madu kopi dari penyerbukan bunga kopi.

Selain bisa berkeliling di kebun kopi, tamu hotel juga bisa memetik buah chery kopi langsung dari pohonnya secara gratis, karena sudah termasuk bagian dari paket tur tersebut.

Menariknya momen ini tak bisa didapat para tamu di setiap waktu, mengingat Hotel Tugu hanya mengadakan tur kebun kopi bertajuk Picnic by The River di Juli hingga Agustus saja.

Tentu selain suguhan hamparan kebun kopi, tamu hotel juga bakal disuguhi pemandangan alam nan indah dari Gunung Kawi, tempat perkebunan kopi berada.

Udara sejuk pegunungan berbalut suasana camping di tepian sungai dengan cuaca mendukung menjadikan momen ini tak bisa terlupakan begitu saja.

Media Relation Hotel Tugu Malang, Budi Sesario mengatakan, tamu bisa melepas penat memandang hamparan sawah terbentang luas di Perkebunan Kawisari. Sambil berada di perkebunan itu, para tamu bisa menikmati hidangan khas Indonesia yang disajikan pihak hotel.

“Tamu disarankan berangkat pagi, agar bisa melihat langsung para petani memetik biji kopi di area perkebunan,” kata Rio sapaan akrabnya kepada MNC Portal, pada Senin (1/8/2022).

Selama di perkebunan itu nantinya para pengunjung bakal dimanjakan dengan pertunjukan alam sekitar yang indah. Pengunjung juga bakal diberi kesempatan mencicipi kopi khas Gunung Kawi yang diolah secara tradisional.

Baca Juga : Ini Dia Wisata Baru yang Ada di Jakarta, Dijamin Bikin Betah
Hal ini yang memerlukan waktu cukup lama, tapi ketika dijalani, dari pagi hingga sore hari waktu dialokasikan pihak hotel tak terasa.

“Memang disitu ditulis menginap semalam dulu, tapi otomatis memang memerlukan waktu dua malam jadinya. Karena di kebun total waktunya dari berangkat sampai sore jam 3-an begitu, cuma kita fleksibel menyesuaikan tamunya juga,” ujar dia.

Untuk menikmati paket berwisata di perkebunan kopi Gunung Kawi ini, pihak hotel menyiapkan paket khusus Rp1 juta per dua orang tamu.

Dengan harga tersebut, para tamu bakal dimanjakan dengan sarapan mewah setiap harinya, jamuan teh sore dengan jajanan tradisional, hingga tur koleksi barang-barang antik yang dimiliki hotel di kawasan Bundaran Tugu Kota Malang ini.