11 Tempat Wisata Malang di Sekitar Stasiun, Jalan Kaki Tak Sampai 15 Menit (merdeka.com)

Artikel asli diterbitkan oleh Merdeka.com. Baca DI SINI.

Penulis: Tantri Setyorini

 

Merdeka.com – Mau berwisata ke kota Malang dengan naik kereta api? Kalau mau jalan-jalan singkat, pastikan Anda sudah mengetahui objek wisata apa saja yang bisa didatangi dengan berjalan kaki.

Stasiun Malang atau yang kerap disebut Stasiun Kotabaru oleh warga Malang terletak di pusat kota. Banyak objek wisata murah meriah yang bisa disambangi di sekitar sana.

Berikut ini beberapa objek wisata Malang yang menarik dengan tarif masuk murah hingga gratis di sekitar stasiun. Cukup modal GPS dan kaki, kok. Jangan lupa siapkan sunblock dan air mineral, ya.

1. Taman Trunojoyo – 1 menit

Keluar dari gerbang kedatangan penumpang, tinggal menyeberang ke Taman Trunojoyo untuk menikmati suasana sejenak. Taman yang ditandai tiga patung singa berukuran raksasasa ini punya air mancur, permainan anak, dan perpustakaan kecil. Karena dipayungi pohoh beringin, taman ini cukup teduh.

2. Monumen Juang 45 (Patung Buto) – 1 menit

Objek wisata Malang murah meriah selanjutnya adalah Monumen Juang 45 yang lebih dikenal dengan nama Patung Buto. Artinya patung raksasa.

Monumen ini menggambarkan perjuangan warga Malang dalam mengalahkan kelaliman penjajah. Kalau sore hari, biasanya titik patung buto juga dijadikan tempat beraktivitas komunitas anak muda.

3. Alun-alun Tugu – 3 menit

Tempat wisata Malang yang juga layak dikunjungi adalah Alun-alun Tugu. Malang punya dua alun-alun. Alun-alun Malang terletak di Jalan Merdeka. Sementara Alun-alun Tugu terletak di Jalan Tugu.

Alun-alun ini dihiasi tugu menjulang yang dikelilingi kolam teratai. Bangunan balai kota, gedung DPRD, dan Hotel Tugu yang mengelilinginya menawarkan pemandangan tata kota peninggalan zaman kolonial yang indah.

4. Taman Rekreasi Kota (Tarekot) – 8 Menit

Lepas dari Tugu, jangan lupa kunjungi tempat wisata Malang selanjutnya. Ada Tarekot yang terletak di Jalan Majapahit. Taman hiburan rakyat ini menawarkan suasana asri dengan pemandangan sungai di pusat kota.

5. Pasar Burung, Bunga, dan Ikan Hias Splendid – 10 Menit

Beberapa meter dari Tarekot ada kawasan Splendid yang terkenal sebagai kompleks pasar bunga dan unggas. Anda bisa berburu tanaman, unggas, ikan hias, sampai kelinci di kawasan yang dibangun menjorok dari jembatan ini.

6. Kayutangan – 12 Menit

Lalu ada objek wisata Malang, Kayutangan yang masih bernuansa seperti kota lama. Masih banyak toko-toko kuno yang dipertahankan bentuknya di sini.

Kawasan ini juga kerap dijadikan lokasi foto kekinian oleh anak muda Malang. Photogenic banget.

7. Alun-Alun Malang – 13 Menit

Lanjutkan perjalanan Anda ke tempat wisata Malang selanjutnya, yaitu Alun-alun Malang yang berada di Jalan Merdeka. Tempat ini merupakan landmark kota Malang

Biasanya alun-alun digunakan untuk menikmati suasana sore oleh warga Malang. Pada malam hari, tak sedikit komunitas atau seniman yang unjuk kebolehan di sana

8.Masjid Agung Jami’ Malang – 14 Menit

Menyeberang dari Alun-alun Malang, Anda bisa mengunjungi Masjid Agung Jami’. Bangunan yang sudah berusia lebih dari seabad ini merupakan salah satu bangunan bersejarah yang dibanggakan warga Malang.

Masjid ini merupakan simbol kerukunan umat beragama bersama GPIB Immanuel yang juga sudah berumur. Pengurus kedua tempat ibadah biasa saling membantu saat ibadah hari raya kedua agama yang diselenggarakan di sana.

9. Kampung Biru Arema – 8 menit

Jalan kaki sejauh 650 meter ke selatan dari Stasiun Malang, ada tempat wisata Malang, Kampung Biru Arema yang sebenarnya adalah pemukiman di bantaran Sungai Brantas. Uniknya, pemukiman di bawah jembatan ini dicat dengan warna biru seperti Juzcar (Spanyol) dan Jodhpur (India). Cocok buat foto-foto Instagram, nih.

10. Kampung Warna-Warni dan Kampung Tridi Jodipan – 9 menit

Menyeberang dari Kampung Biru Arema, masih ada satu pemukiman di bawah jembatan lagi yang disulap menjadi objek wisata Malang nan kekinian. Namanya Kampung Warna-Warni dan Kampung Tridi. Kali ini menyuguhkan rumah warna-warni dan jembatan kaca yang cocok untuk menguji nyali.

11. Klenteng Eng An Kiong – 14 menit

Terakhir ada Klenteng Eng An Kiong, tempat ibadah sekaligus objek wisata religi yang boleh didatangi siapa saja. Foto-foto di sini juga boleh, lho. Sempatkan juga mampir ke kantin di parkiran basement yang punya banyak makanan enak. Mulai dari rujak cingur, es kolak, cwimie, sampai heci ayam.

Selamat berkunjung dan menikmati berbagai objek wisata Malang yang murah meriah.